Spiga

INTERNET + BUSINESS = RENEW OF BUSINESS VALUE


Tanggal 14 Agustus 2008 menjadi saksi digelarnya seminar hasil kolaborasi antara Google & Detikcom. Seminar bertajuk “Memanfaatkan Internet Untuk Pengembangan Bisnis“ ini diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton & dihadiri oleh sekitar 1.000 orang.

Saya hanya akan menyampaikan beberapa point penting dalam seminar tersebut yang dapat dijadikan bekal dalam mengembangkan bisnis kita.

Pembicara pertama, ibu Eva Yusuf, PhD (Associate Director PT Synovate Indonesia) memaparkan peta pengguna internet di Indonesia. Salah satu data yang menarik adalah dari sekitar 27,6 juta pengguna internet di Indonesia (data tahun 2007), ternyata sebagian besarnya adalah kaum muda.

89% penggunaan internet adalah untuk browsing, 87% untuk melakukan email, 75% untuk chatting, 46% untuk download, dan 18% untuk main game.

Kemudian pembicara kedua, pak Budiono Darsono salah satu founder Detikcom menjelaskan bagaimana peran internet dapat meningkatkan nilai suatu bisnis.

Diawali dengan ilustrasi menarik tentang dunia masa depan yang serba digital & serba mobile. Digambarkan bahwa di masa depan, orang akan bisa bekerja dimana saja, bisa di taman, di mobil, di pekuburan, bahkan di puncak gunung salju.

Satu point yang sangat mengena di saya dari paparan beliau, yaitu adanya 3 pilar dalam berbisnis secara online.

Pertama, Search Engine. Maksudnya bagaimana agar website kita, yang merupakan alat bantu promosi, bisa masuk di halaman pertama search engine seperti google & yahoo. Ini tentunya perlu ilmu SEO (Search Engine Optimization). Tujuannya adalah agar web kita mudah ditemukan oleh calon customer.

Kedua, Online Advertising. Agar bisnis kita dikenal oleh banyak orang, maka kita perlu memasang iklan di berbagai web iklan. Salah satunya yang ditawarkan adalah Adpoint dari Detikcom & Adwords dari Google.

Ketiga, Community Building. Agar kita bisa membangun loyalitas customer, sangat dianjurkan agar kita bisa membangun komunitas pelanggan. Salah satu alat yang bisa digunakan adalah dengan blog atau mailing list.

Sedangkan pembicara ketiga, Mr. Derek Callow, Marketing Lead – Southeast Asia Google Inc, banyak menceritakan pengalaman & strategi keberhasilan Google sampai saat ini. Juga beberapa produk unggulan Google seperti Adwords.

Acara juga diselingi dengan pembagian doorprize. Dimana ternyata nama saya termasuk yang dipanggil oleh Mr Derek untuk menerima doorprize berupa tas laptop. Thanks banyak ya.

Tak lupa saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada mas Andrias Ekoyuono dari Detikcom yang telah mengundang para member TDA untuk hadir di acara tersebut. Semoga ke depan sinergi Detikcom dengan komunitas-komunitas UKM makin erat.

Salam Sukses !

Hertanto Widodo
http://www.produkpertanian.com/
http://www.alatperagapendidikan.com/

1 komentar:

  Anonymous

August 22, 2008 at 11:03 AM

what happened to the other one?