Spiga

PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN AKUNTANSI ZAKAT

Dalam sebulan terakhir ini, saya berkesempatan untuk memberikan pelatihan tentang Manajemen Keuangan dan Akuntansi Zakat di dua tempat.

Yang pertama pada tanggal 23 Juni 2007 bertempat di kawasan wisata Sarangan, Magetan, Jawa Timur, dihadiri oleh sekitar 200 orang dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) instansi pemerintah se-Jawa Timur. Yang membuat saya surprise adalah demikian semangatnya para peserta dalam mengikuti pelatihan, walaupun sebagian besar dari peserta bukan berlatarbelakang akuntansi maupun manajemen keuangan. Dalam momentum tersebut, saya juga bertemu dengan Prof. Tjiptohadi, salah satu pakar akuntansi syari’ah dari Universitas Airlangga, yang juga menjadi fasilitator.


Suasana pelatihan di Magetan

Kemudian di hari selasa tanggal 17 Juli 2007, bertempat di Balai Diklat Departemen Agama, Ciputat. Pelatihan dihadiri oleh 35 orang peserta yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Peserta adalah para Pembina zakat dari kanwil atau kandep agama, serta sekretaris Bazda.



Berfoto bersama para peserta pelatihan

Dari hasil pengamatan dan dialog dengan peserta selama memberi pelatihan, nampak bahwa sebagian besar Bazda yang ada di seluruh Indonesia ternyata belum memiliki dan menerapkan sistem manajemen keuangan dan akuntansi yang seharusnya. Hal tersebut lebih dikarenakan ketidaktahuan pengurus. Ini tentunya menjadi tantangan yang harus dijawab dan dicarikan solusinya. Karena bagaimana pun, sistem manajemen keuangan dan akuntansi yang baik merupakan salah satu faktor yang akan meningkatkan kepercayaan dari masyarakat kepada Bazda.

1 komentar:

  Anonymous

June 4, 2008 at 10:52 AM

assalamu'alaikum

apa kabar pak?
mudah2an sehat saja.
mudah2an bapak juga masih ingat sama kami. tahun 2005 lalu, pada bulan mei, bapak kami undang untuk menjadi salah satu pembicara di seminar ekonomi syariah di acara kami; SEE (Sharia Economics Expo) 2005 yang kami, FSI FE Unand (Forum Studi ISlam FE Unand, Padang, Sumbar) adakan. subhanalloh blog bapak bagus sekali. bermanfaat. oya, pak, kalo bapak ada waktu kami tunggu saran, tausiyah,kritik di blog kami http://www.fsiekonomi.multiply.com

semoga gebyar ekonomi syariah semakin mantap di indonesia. amin.