Spiga

ANTARA SURABAYA DAN ASAHAN (SUMUT)

Hari Sabtu tanggal 18 Agustus, selepas subuh saya sudah berangkat ke bandara Soekarno – Hatta, untuk naik pesawat Garuda menuju Surabaya. Yaitu untuk menghadiri acara Rakornas JPMI (Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia) & Business Gathering dengan para pengusaha yang tergabung dalam Johor Corporation – Malaysia.

Kebetulan saya berangkat bersama adiknya pak Anton Apriyantono (Menteri Pertanian). Selama di pesawat, kami asyik berbincang tentang berbagai permasalahan yang dihadapi oleh UKM serta solusinya. Tentunya tidak lupa kami membahas beberapa peluang bisnis yang mungkin bisa dikerjasamakan.

Acara Rakornas JPMI ternyata dimulai baru pukul 16. Sehingga selama menunggu saya mengisinya dengan bertemu beberapa pengusaha yang hadir. Alhamdulillah, saya berhasil membantu seorang pengusaha yang akan kerjasama dengan adiknya Menteri Pertanian untuk berbisnis alat-alat mesin pertanian. Kebetulan salah satu bisnis adiknya pak Menteri adalah alat mesin pertanian.

Akhirnya sekitar pukul 16, acara Rakornas JPMI dimulai. Diawali dengan saling mengenalkan diri masing-masing. Karena acara dihadiri oleh pengurus 16 cabang JPMI Daerah. Setelah itu dilanjutkan dengan acara inti rakornas sampai sekitar pukul 23.30. Di acara itu, saya juga bertemu dengan petani Bunga Teh Rosella yang menawarkan kerjasamanya. Subhanallah, mungkin itu salah hikmah silaturrahim.

Hari Ahad sehabis sholat subuh saya harus kembali ke Jakarta. Karena sorenya saya harus berangkat lagi ke Medan, lalu ke kabupaten Asahan untuk mengisi seminar tentang Zakat. Sayang selama di Surabaya saya tidak sempat dengan member TDA. PAdahal sudah sempat buat janji dengan pak Imam Mawardi. Mohon maaf ya pak.

Pukul 16.30, pesawat Garuda yang saya tumpangi terbang menuju Medan. Saya berangkat bersama pembicara seminar lainnya, yaitu mas Eri Sudewo (salah satu Ketua BAZNAS & mantan CEO Dompet Dhuafa). Dari Medan langsung menuju Kab Asahan via darat. Sampai di Asahan sekitar jam 00.30.

Selama perjalanan menuju Asahan, kami diskusi tentang berbagai hal, seperti perkembangan zakat di Indonesia, dan juga penjajagan kerjasama untuk menggarap beberapa peluang bisnis.

Esoknya, hari Senin, mengisi seminar, selesai sekitar pukul 16.00. Setelah itu langsung berangkat lagi menuju Medan, karena pesawat yang akan membawa saya kembali ke Jakarta harus berangkat jam 08.45.


Alhamdulillahi Robbil ’alamin, tuntas sudah 2 amanah yang harus saya jalankan, yaitu menghadiri Rakornas JPMI dan mengisi Seminar Zakat. Capek memang, tapi saya puas dan bahagia.....

0 komentar: