Spiga

MEMBANGUN SISTEM PERUSAHAAN (3)


Dalam bukunya “Instant Systems”, Brad Sugars menjelaskan 9 langkah yang diperlukan untuk membangun sistem perusahaan.

Langkah 1: Visi
Tetapkan visi perusahaan anda. Visi adalah tujuan jangka panjang yang akan dicapai oleh bisnis anda. Ibarat gunung, visi adalah puncak gunungnya.

Langkah 2: Pernyataan Misi
Pernyataan misi adalah bagaimana bisnis anda akan mencapai visi. Lebih detail daripada visi. Ibarat gunung, misi adalah jalan menuju puncak gunung. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus jelas sejak awal, yaitu:
- Siapakah diri anda
- Apa bisnis anda
- Siapa customer anda
- Apa yang membuat anda berbeda dari kompetitor anda

Point terakhir sangat penting. Mungkin anda harus menyediakan waktu yang cukup untuk memperjelas point tersebut dalam pikiran anda.

Langkah 3: Pernyataan Budaya (Culture)
Secara umum, setidaknya anda dapat memasukkan 12 point berikut:
- 4 nilai terpenting sebagai pemimpin perusahaan
- 4 nilai terpenting dari tim anda
- 4 nilai terpenting dari customer anda

Nilai-nilai tersebut akan membuat kita menghemat waktu dan membantu dalam menemukan SDM yang tepat sebagai tim.

Langkah 4: Tujuan
Penetapan tujuan akan membantu anda untuk mencapai visi. Sebab tujuan harus dibuat dalam kerangka waktu. Ketika membuat tujuan, dalam pikiran anda sebaiknya tergambar hal-hal sebagai berikut:
- Tujuan dibuat dengan konsep SMART, yaitu Specific, Measurable, Achievable, Results oriented, dan memiliki Time Frame.
- Anda harus membuat tujuan yang menyatakan kapan anda akan ‘menyelesaikan’ bisnis anda, yaitu ketika bisnis tersebut dapat berjalan tanpa kehadiran anda.
- Tujuan anda memberikan anda dan bisnis anda Fokus. Tujuan akan dapat menciptakan momentum bagi anda atau bisnis anda. Hal ini sangat penting, mengingat jika anda ingin menjadi pebisnis tingkat dunia, anda harus menjadi orang yang sangat berbeda dibanding pebisnis yang lain.

Langkah 5: Struktur Organisasi
Anda perlu mempertimbangkan posisi-posisi apa saja yang ada ketika bisnis anda sudah selesai (saat berjalan tanpa kehadiran anda). Anda perlu merencanakan itu semua di depan.

Langkah 6: Kontrak Posisi
Adalah sangat penting mengatakan kepada SDM anda, apa yang mereka harus lakukan. Sampaikan dengan jelas.
Memiliki kontrak posisi (kontrak kerja) akan menyelamatkan anda dari perselisihan yang dapat melibatkan emosi & kesalahpahaman.

Langkah 7: Indikator Kinerja (Key Performance Indicators)
Anda harus memiliki Key Performance Indicators (Indikator Kinerja) untuk setiap posisi. Secara umum, setiap posisi sebaiknya memiliki tidak kurang dari 5 dan tidak lebih dari 10 KPI.

Langkah 8: Manual How-to
Manual How-to tidak harus selalu dalam bentuk tertulis, tapi juga bisa dalam bentuk video atau audio atau apapun selama bisa mencapai tujuan.

Langkah 9: Milestone
Banyak tahap-tahap yang harus dilalui oleh sebuah bisnis dari masa pertumbuhan mencapai tahapan maturity. Ada banyak peristiwa yang bisa dijadikan milestone (tonggak bersejarah) selama perjalanan bisnis itu. Gunakan milestone tersebut sebagai momentum untuk melakukan perbaikan sistem.

Setiap bisnis memiliki banyak sekali momentum. Momentum tersebut dapat diciptakan sendiri. Misalnya: saat pembukaan kantor pertama anda, pembukaan kantor cabang pertama, atau pembukaan kantor pusat internasional pertama.
Atau bisa juga momentum yang terkait dengan pencapaian keuangan, misalnya saat profit mencapai Rp 1 Milyar, atau mencapai Rp 10 Milyar, dan seterusnya.
Atau bisa juga milestone yang terkait dengan pencapaian jumlah outlet atau saat mulai menggunakan konsep franchise.
Itu semua tergantung kepada kondisi (nature) & visi bisnis anda.

Demikianlah 9 langkah yangdiperlukan untuk men-sistematisasi bisnis anda, yang pada akhirnya bisnis anda dapat berjalan tanpa kehadiran anda.

Salam sukses !

Hertanto Widodo
http://www.hyder-safetybox.com/ Brankas/Safety Box Tahan Api & Anti Pengeboran
http://www.alatperagapendidikan.com/ Pusat Alat Peraga Pendidikan Terlengkap

2 komentar:

  Anonymous

August 31, 2008 at 3:44 PM

Makasih pak atas infonya... saya dari dulu mencaari informasi tentang kewirausahaan/enterpreneurship. Saya ingin sekali banyak belajar dari bapak.. disini lengkap juga ya. Beberapa kali jatuh bagun usaha saya namun saya ingin banyak belajar dari bapak, dan belajar langsung ke Bapak agar usaha saya bisa go publik. dengan managemen kontrol, kalo ada seminar tentang enterpreneur saya mau ikut pak. Alamat saya di Tangerang aku masih muda pak, tapi mencoba untuk menjadi orang sukses. saya juga ingin sekali bertemu bapak. Tlp 021 59497960, 021 99935382, dan Hp 021 999779397
trim Sutanto Bode

  mr. Bams

July 7, 2010 at 3:48 PM

bagus sekali informasinya pak. terma kasih banyak. Mau minta ijin sharing ya pak.
Salam Sukses!