Sebagai pebisnis, pernahkah kita sungguh-sungguh memahami karakter segmen market yang kita bidik ? Kalo belum tidak usah khawatir. Karena saya sudah coba membuat resume dari majalah Marketing edisi khusus yang bertajuk “10 Karakter Unik Konsumen Indonesia”.
10 Karakter tersebut merupakan hasil riset dari pakar marketing Handy Irawan. Dan sudah sempat saya sampaikan sebagiannya di pertemuan Mastermind (MM) Cipasera yang ketiga. Lebih menarik lagi saat kita masuk diskusi penerapannya di bisnis masing-masing.
10 Karakter Unik Konsumen Indonesia tersebut adalah:
1) Berpikir Jangka Pendek
2) Tidak Terencana
3) Suka Berkumpul
4) Gagap Teknologi
5) Berorientasi pada Konteks
6) Suka Merek Luar Negeri
7) Religius
8) Gengsi
9) Kuat di Subkultur
10)Kurang Peduli Lingkungan
Dalam resume tersebut sudah saya buat format sehingga lebih mudah dipahami. Saya bagi menjadi beberapa point penting, yaitu: Perilaku/Ciri Khas, Latar Belakang, Dampak, Strategi, & Contoh.
Silakan download Resume tersebut dari blog ini, ada di bagian kiri, dibawah judul DOWNLOAD REFERENSI BISNIS.
Gunakan hasil riset tersebut untuk menyusun strategi marketing bisnis anda di tahun 2008.
Semoga bermanfaat. Salam Sukses Selalu !
2 komentar:
December 26, 2007 at 9:41 PM
Trims sudah share karakter konsumen mainstream seuai postingnya. Namun demikian, untuk target market niche sepertinya masih kurang pas. Kalangan ekonomi menengah juga bergerak jumlahnya sejalan dengan kemampuan ekonomi dan kefahaman best value for money. Jadi ada baiknya juga dikategorikan middle-classnya juga.
Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Afrika Barat
--------------
PS: Ohya, Warung yang lama ini akhirnya kembali di buka, setelah lama di tinggal mudik.
December 28, 2007 at 6:56 AM
Salam kenal mas Luigi Pralangga. Semoga sukses selalu.
Post a Comment