Spiga

MEMBANGUN SISTEM PERUSAHAAN (1)


Setelah sebuah bisnis yang kita bangun mulai berjalan, sudah selayaknya kita mulai berpikir untuk membangun sistem. Merujuk kepada definisi bisnis menurut Brad Sugars, yaitu “as a commercial, profitable enterprise that works without you”.

Ya, sebuah bisnis akan bisa berjalan tanpa kita harus hadir, jika kita sebagai owner telah berhasil membangun system.

Masih menurut Brad Sugars, ada empat area kunci yang harus dibuat sistem-nya.yaitu:
1) People & Education
2) Delivery & Distribution
3) Testing & Measuring
4) Systems & Technology

Pembahasan tentang membangun sistem perusahaan akan saya buat dalam beberapa serial tulisan. Sebagian besar merujuk kepada konsep yang dibuat oleh Brad Sugars. Semoga bermanfaat.

People & Education (SDM & Pendidikan)
Di area ini, terdapat beberapa sistem yang disarankan, yaitu:
- Membangun Training Systems (Sistem Pelatihan)
- Kontrak Kerja dengan setiap pegawai
- Membangun klub sosial
- Membuat majalah/newsletter pendidikan untuk para pegawai
- Membangun system penanganan konflik
- Membuat aturan perusahaan
- Membuat system perekrutan pegawai
- Membangun rencana kepegawaian kontingensi (cadangan)
- Membangun rapat tim secara regular (rutin)
- Membangun sistem penghargaan & kompensasi (recognition & remuneration)
- Gunakan analisis perilaku, kepribadian, dan komunikasi dengan semua pegawai
- NLP (Neuro Linguistic Programming)
- Profil kepribadian DISC (Dominant – Influential – Steady – Compliant)
- Membuat & menuliskan pernyataan Visi & Misi perusahaan
- Membangun perencanaan karir dalam perusahaan
- Tetapkan Tujuan perusahaan & Tujuan setiap individu pegawai
- Membuat Manual How-to posisi secara lengkap
- Membangun tim

Delivery & Distribution (Pengiriman & Distribusi)
Di area ini, ada beberapa sistem yang perlu dipertimbangkan:
- Menjalankan system tanpa kertas (paperless systems)
- Memberikan jasa anda secara sistematik & konsisten
- Merubah kemasan produk untuk untuk keamanan pengiriman
- Reorganisasi persediaan sesuai perputaran yang paling tinggi
- Penyederhanaan proses memasukkan & membuka. pesanan anda
- Perkiraan pergerakan persediaan
- Sistem pembelian & penerimaan barang secara lengkap
- Outsource logistics & warehouse support
- Outsource all delivery of purchases
- Melakukan stock opname secara regular
- Mengukur biaya-biaya pengiriman (delivery) untuk produk atau jasa
- Mengukur kualitas & profesionalisme dalam jasa pengiriman
- Tindak lanjut & ukuran kualitas dan waktu pengiriman
- Sistem pengukuran untuk muatan, pengirim, dan kendaraan
- Pengukuran dalam melakukan reorder
- Menggunakan system pelacakan order (Order Tracking Systems)
- Daftar nama pegawai untuk jasa pengiriman (delivery)
- Peningkatan pengamanan untuk persedian & pengiriman
- Konfirmasi detail sebelum pengiriman produk atau jasa
- Menggunakan konsep Just-in-Time dalam system pengiriman persediaan


Bagaimana dengan 2 area kunci lainnya ? Nantikan pembahasannya dalam tulisan berikutnya.

Salam funtastic !

Hertanto Widodo
Owner http://www.alatperagapendidikan.com/ & http://www.grosirbusana.com/

0 komentar: